Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Jumat, 05 Oktober 2012

makalah mikrotik est.....


MAKALAH MEMBANGUN JARINGAN MIKROTIK


TIM PENYUNSUN :
AFIRUL MAFFRUDIN
FIRDAUS FAHMI ABDILLAH

SMK NEGERI 1 SARIREJO
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013



KATA PENGANTAR


Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya ucapkan kepada guru pembimbing PRODUKTIF TKJ 04 dan teman-teman yang memberikan dukungan untuk menyelesaikan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik da saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman semuanya. Amin....














                                                                                                             
                                                                                 Lamongan, 04 oktober 2012

                                                                                                              Penulis



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB  I PENDAHULUAN
I.1.  Latar Belakang
I.2. Tujuan

BAB II PEMBAHASAN
II.1. Sejarah Mikrotik
II.2. Pengertian Mikrotik
II.3. Jenis Mikrotik
II.4. Alat dan Bahan serta persaratan minimal yang dibutuhkan
II.5. Cara instal mikrotik dan settingnya

BAB III PENUTUP
III.1. Kesimpula








BAB I PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang
            Kebutuhan akan akses internet dewasa ini sangat tinggi sekali. Baik untuk
mencari informasi , artikel, pengetahuan terbaru atau bahkan hanya untuk chating.
Pembagian nomor untuk internet atau biasa disebut dalam dunia networking adalah IP Address sudah sangat menipis atau sudah hampir habis. Satu IP Address perlu sekali berhubungan dengan IP address lainnya yang berbeda class atau subnet, maka diperlukanlah suatu proses system untuk menghubungkan IP Address itu, yaitu routing. Routing akan membuat sebuah rantai jaringan saling terhubung dan bias berkomunikasi dengan baik, dan informasi yang tersedia di satu IP Address akan didapatkan di IP address yang lainnya.
Mikrotik adalah salah satu vendor baik hardware dan software yang menyediakan fasilitas untuk membuat router. Salah satunya adalah Mikrotik Router OS, ini adalah Operating system yang khusus digunakan untuk membuat sebuah router dengan cara menginstallnya ke komputer. Fasilitas atau tools yang disediakan dalam Mikrotik Router Os sangat lengkap untuk membangun sebuah router yang handal dan stabil.
I.2. Tujuan
Agar pembaca mengerti bahwa Router Mikrotik adalah Operating system yang khusus digunakan untuk membuat sebuah router dengan cara menginstallnya ke komputer. Fasilitas atau tools yang disediakan dalam Router Mikrotik sangat lengkap untuk membangun sebuah router yang handal dan stabil.






BAB II PEMBAHASAN

II.1. Sejarah Mikrotik
Dalam dunia router, mesin yang berfungsi mengarahkan alamat di Internet, Cisco merupakan nama yang sudah tidak diragukan lagi. Tetapi di dunia lain, nama Mikrotik, yang berbentuk software, lumayan dikenal sebagai penyedia solusi murah untuk fungsi router, bahkan kita dapat membuat router sendiri dari komputer rumahan.
Untuk negara berkembang, solusi Mikrotik sangat membantu ISP atau perusahaan-perusahaan kecil yang ingin bergabung dengan Internet. Walaupun sudah banyak tersedia perangkat router mini sejenis NAT, dalam beberapa kondisi penggunaan komputer dan software Mikrotik merupakan solusi terbaik. Mikrotik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia, pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully adalah orang Amerika yang berimigrasi ke Latvia dan berjumpa Arnis yang sarjana Fisika dan Mekanik di sekitar tahun 1995.
Tahun 1996 John dan Arnis mulai me-routing dunia (visi Mikrotik adalah me-routing seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Molcova, tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia. Ketika saya menanyakan berapa jumlah pelanggan yang dilayaninya saat ini, Arnis menyebut antara 10 sampai 20 pelanggan saja, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Ini agak kontradiksi dengan informasi yang ada di web Mikrotik, bahwa mereka mempunyai 600 titik (pelanggan) wireless dan terbesar di dunia. Padahal dengan wireless di Jogja dan Bandung saja, kemungkinan besar mereka sudah kalah bersaing.
Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Latvia hanya merupakan “tempat eksperimen” John dan Arnis, karena saat ini mereka sudah membantu negara-negara lain termasuk Srilanka yang melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.
Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 – 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.
Ketika ditanya siapa saja pesaing Mikrotik, Arnis tersenyum dan enggan mengatakannya. Sewaktu saya simpulkan tidak ada pesaing, Arnis dengan sedikit tertawa menyebut satu nama yang memang sudah lumayan terkenal sebagai produsen perangkat keras khusus untuk teknologi W-LAN, yaitu Soekris dari Amerika. Tujuan utama mereka berdua adalah membangun software untuk routing, sementara kebutuhan akan perangkat keras juga terus berkembang, sehingga akhirnya mereka membuat berbagai macam perangkat keras yang berhubungan dengan software yang mereka kembangkan.
Semangat Mikrotik ini agak berbeda dari kebanyakan perusahaan sejenis di Amerika, karena mereka berkonsentrasi di pengembangan software lalu mencari solusi di hardware-nya dengan mengajak pihak ketiga untuk berkolaborasi. Dan kita dapat melihat ragam perangkat yang mereka tawarkan menjadi semakin banyak, mulai dari perangkat yang bekerja di frekwensi 2,4GHz dan 5,8GHz sampai ke interface dan antena.
Keahlian Mikrotik sebetulnya di perangkat lunak routernya, karena terlihat mereka berjualan perangkat W-LAN dengan antena omni yang sangat tidak dianjurkan pemakaiannya di dunia W-LAN, karena sangat sensitif terhadap gangguan dan interferensi. Walaupun punya tujuan yang sangat jelas, yaitu mendistribusikan sinyal ke segala arah sehingga merupakan solusi murah.
Kepopuleran Mikrotik menyebar juga ke Indonesia. Pertama kali masuk tahun 2001 ke Jogja melalui Citraweb oleh Valens Riyadi dan kawan-kawan, lalu meluas menjadi satu solusi murah untuk membangun ISP, terutama yang berbasis W-LAN. Kebetulan sekali, Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang populasi pemakaian W-LAN-nya terbesar kalau dibandingkan luas daerahnya.
Keberhasilan Mikrotik me-routing dunia merupakan satu contoh, bahwa kita semua mampu membantu calon pemakai Internet untuk masuk ke dunia maya, terutama membantu membangun infrastrukturnya.


II.2. Pengertian Mikrotik
Mikrotik adalah adalah sistem operasi komputer dan perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router,mikrotik dibedakan menjadi dua yaitu operation sistem mikrotik bisa dikenakan mikrotik os dan mikrotik board, untuk mikrotik board tidak memerlukan komputer dalam menjalankannya cukup menggunakan board yang sudah include dengan mikrotik os.  Mikroitk os mencakup fitur yang dibuat khsus untuk ip network dan jaringan wireless.
Sistem operasi mikrotik, adalah sistem operasi Linux base yang digunakan sebagai network router. dibuat untuk memberikan kemudahan dan kebebasan  bagi penggunanya. Pengaturan Administrasinya dapat dilakukan menggunakan Windows Application (WinBox). Komputer  yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, misalnya hanya sebagai gateway. Kecuali mikrotik diguankan untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) sebaiknya menggunakan spesifikasi yang cukup memadai .
Fitur-fitur mikrotik  diantaranya : Firewall & Nat, Hotspot, Routing, DNS server, Point to Point Tunneling Protocol, Hotspot, DHCP server,dan masih banyak lagi.


III.3. Jenis Mikrotik

1. MikroTik RouterOS
Adalah versi MikroTik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat diinstal pada komputer rumahan (PC) melalui CD. File image MikroTik RouterOS dapat diunduh dari website resmi MikroTik, www.mikrotik.com. Namun file image ini merupakan versi trial MikroTik yang hanya dapat digunakan dalam waktu 24 jam saja. Untuk dapat menggunakannya secara full time, harus membeli lisensiKey dengan catatan satu lisensi key hanya untuk satu harddisk.

2. Built In Hardware MikroTik
Merupakan MikroTik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router yang di dalamnya sudah terinstal MikroTik RouterOS. Untuk versi ini, lisensi sudah termasuk dalam harga router board MikroTik. Contoh MikroTik dalam bentuk perangkat keras adalah RouterBoard 433 2 Access Point Indoor.

II.4. Alat dan Bahan serta persaratan minimal yang dibutuhkan


Alat :
1.    Crimping tool
2.    Cabel tester
3.    Conector RJ45

Bahan :
1.    1 buah komputer yang akan diinstal OS MikroTik
2.    Kabel UTP
3.    LAN card
4.    CD OS MIKROTIK

Spesifikas minimal :
1.    Mengunakan processor setidaknya 100 MHz atau lebih seperti Intel Pentium, Cyrex 6X86, AMD K5 atau prosesor yang lebih baru Intel Core I’3. Ingat penggunaan lebih dari satu prosesor belum diperbolehkan.
2.    Memori RAM minimal 64 Mb dan maksimum 1 Gb, hal ini berpengaruh pada besar memory, yang berpengaruh terhadap kecepatan dari router.
3.    Media penyimpanan (  Hard Driver ) mengbunakan sistem standart kontrol IDE dan ATA. Penggunaan SATA, SCSI dan USB tidak didukung. Pastikan sisa media penyimpanan adalah minimal besar 64 Mb. Sangat disarankan untuk mengalokasikan space penyimpanan yang besar, karena akan berpengaruh terhadap paket yang kita pilih, dan nantynya akan membantu sebagai cache pada saat menggunakan fungsi web proxy.
4.    Jika instal lewat CD, pastika standar kontrolernya adalah ATA/ATAPI.
5.    Minimal memiliki 2 interface card, digunakan untuk ether1 dan ether2






II.5. Cara Instal Mikrotik OS

1.saat pertama kita menginstal akan muncul tampilan berikut, ini adalah pemilihan setup apa saja yang akan kita instal ..(untuk pertama kali recomendasi keti A untuk menginstal seluruh paket)
1 mk.png
Ketik i untuk instalasi
nanti ada pilihan mempertahabkan setingan terdahulu dan pilihan untuk memformat seluruh drive ... (pilih saja sesuai kebutuhan teman2) ketik Y untuk ya dan N untuk tidak

2.Apabila instalasi sudah berhasil maka akan muncul tapilan berikut
mk2.png
Ketik (password defauld mikrotik)
login : admin
password: kosongkan


3.maka akan muncul tampilan seperti ini
mikrotik 2.9.27.jpg
selanjutnya kita dapat melakukan pengaturan dengan winbox untuk pengaturan yg sudah GUI

winbox dapat didownload di situs mikrotik.co.id

4. Tampilan login di winbox
mk5.png
lakukan search dengan mengklik kotak disebelah kiri kata connect .... klik connect jika sudah terdeteksi






5. Halaman pengaturan mikrotik dengan wibox
mk6.png
sekarang kita bisa melakukan penyetingan mikrotik dengan winbox....




2. Seting Mikrotik Via Winbox
Berikut gambar topologi Router dalam Mikrotik.
http://kurniawanadam.files.wordpress.com/2011/05/setting-mikrotik-sebagai-gateway-1.jpg?w=239&h=300
Settingan yang digunakan juga sangat sederhana. Berikut ini akan saya perlihatkan settingan Mikrotik sebagai gateway menggunakan Winbox. Disini saya menggunakan PC Router yang saya instal Mikrotik versi 3.20 dan saya pasangkan 2 buah kartu jaringan, dimana pada port pertama saya colokkan kabel yang berasal dari ISP, dan port kedua saya colokkan ke Switch yang terhubung ke LAN. Anda juga bisa menggunakan Router Board, sama saja.
1. Persiapan Awal
·         Hidupkan PC Router
·         Pastikan semua sudah terpasang dengan baik seperti topologi diatas.
·         Nyalakan salah satu komputer client untuk mensetting PC Router Mikrotik menggunakan Winbox. Kalau belum punya software Winbox, silahkan download di situs Mikrotiknya.
·         Jalankan Winboxnya.
·         Maka akan muncul jendela kecil, yaitu tampilan awal dari Winbox.
·         Klik tombol yang memiliki tiga titik […] disamping tombol [Connect]
·         Jika Routernya sudah terkoneksi dengan baik ke LAN, maka akan muncul sebuah list yang berisikan MAC Address dan IP Address.
·         Klik saja MAC Addressnya, lalu klik [Connect]
·         Maka akan muncul jendela admin dari router Mikrotik yang diremote menggunakan Winbox.
·         Apabila PC Router Mikrotik yang Anda gunakan ini sebelumnya sudah pernah disetting, maka lakukanlah reset ulang agar semua settingan kembali seperti awal pada saat belum dilakukan setting apapun. Caranya adalah klik tombol [New Terminal].
·         Maka akan muncul sebuah jendea yang memiliki latar belakang putih.
·         Ketikkanlah pada jendela putih itu tulisan, [system reset], jika diminta memilih Yes atai No, pilih saja Yes dengan menekan tombol [Y].
·         Setelah di reset biasanya router akan terdisconnect, konekkan kembali dengan langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.
·         Maka akan muncul jendela yang menanyakan, apakah akan menggunakan settingan default dari Mikrotik atau ingin
·         menggunakan settingan sendiri. Klik [Remove Configuration] karena kita akan melakukan settingan sendiri.
·         Lalu agar mudah untuk diidentifikasi berikanlah nama untuk router yang digunakan. Dari [System] > [Identify]. Ketikkan nama router yang Anda inginkan, klik [Ok]. Disini saya memberikan nama [Gateway]. Sampai disini router sudah siap untuk dikonfigurasi.

2. Memberikan Komentar Pada Interface
Selanjutnya adalah memberikan komentar pada masing-masing interface agar mudah kita kenali, mana yang untuk ke ISP dan mana yang untuk ke LAN:
·         Klik [Interface].
·         Klik pada interface [ether1].
·         Klik icon yang bergambar kertas berwarna kuning, lalu isika komennya. Disini saya memberikan komen [TO INTERNET], karena interface ini yang akan menuju internet.
·         Begitu juga untuk [ether2]. Saya berikan komen [LOKAL]. Karena interface ini yang akan terhubung langsung ke jaringan lokal [LAN].http://kurniawanadam.files.wordpress.com/2011/05/setting-mikrotik-sebagai-gateway-2.png?w=300&h=225

3. Memberikan IP Address
Untuk memberikan IP Address lakukan langkah berikut ini:
·         Klik [IP]
·         Pilih [Address]
·         Maka akan muncul jendela baru. Klik tanda [+] berwarna merah yang berada di sisi kiri atas dari jendela baru yang muncul tadi.
·         Ketikkan IP Address yang mengarah ke internet beserta subnetnya. Misalnya saya masukkan 10.10.1.1/24. Disini saya menggunakan simulasi, jadi jangan heran saya memasukkan IP Address seperti itu. Untuk Anda, silahkan Anda sesuaikan sendiri.
·         Setelah memasukkan, klik [Apply], maka akan muncul [Network Address] dan [Broadcast Addressnya].
·         Pilih interface yang mengarah ke internet, disini saya memilih [ether1].
·         Berikan komentar agar mudah dikenali dengan mengklik [Comment]. Berikan komentar Anda, disini saya memberikan komentar [IP Internet]
·         Klik [Ok]http://kurniawanadam.files.wordpress.com/2011/05/setting-mikrotik-sebagai-gateway-3.jpg?w=500
Dengan langkah diatas kita telah menambahkan IP Address yang mengarah ke internet, selanjutnya adalah menambahkan IP Address yang mengarah ke jaringan lokal. Untuk caranya sama dengan langkah diatas, yaitu:
·         Klik lagi tanda [+] berwarna merah.
·         Ketikkan IP Address yang mengarah ke jaringan lokal beserta subnetnya. Misalnya saya masukkan 192.168.1.254/24. Untuk Anda, silahkan Anda sesuaikan dengan selera.
·         Setelah memasukkan, klik [Apply], maka akan muncul [Network Address] dan [Broadcast Addressnya].
·         Pilih interface yang mengarah ke lokal, disini saya memilih [ether2].
·         Berikan komentar agar mudah dikenali dengan mengklik [Comment]. Berikan komentar Anda, disini saya memberikan komentar [IP Lokal].
·         Klik [Ok]

4. Menambahkan Routing Table
Agar jaringan lokal bisa melakukan akses ke jaringan luar (internet), maka harus dibuat routing table. Agar paket memiliki arah tujuan yang jelas dan paket tersebut tahu bagaimana cara dia menuju tujuannya, caranya adalah:
·         Klik [IP]
·         Klik [Routes], maka akan terlihat 2 buah routing default.
·         Klik tanda [+] yang berwarna merah dibagian atas, maka akan muncul jendela baru.
·         Pada [Destination] biarkan dengan [0.0.0.0/0].
·         Pada [Gateway] isikan IP Address yang menjadi gateway dari router Anda. Disini saya memasukkan [10.10.1.254].
·         Tambahkan komentarnya.
·         Klik [Ok].http://kurniawanadam.files.wordpress.com/2011/05/setting-mikrotik-sebagai-gateway-4.jpg?w=300&h=292

5. Menambahkan NAT Rule
Tujuan membuat NAT rule adalah agar paket bisa dilewatkan ke jaringan luar atau internet. Agar paket yang berasal dari interface lokal [ethe2] bisa sampai ke tujuannya dengan melewati interface internet [ether1]. Caranya adalah sebagai berikut:
·         Klik [IP].
·         Pilih [Firewall].
·         Masuk ke tab [NAT].
·         Klik tanda [+] yang berwarna merah, maka akan muncul jendela [New NAT Rule].
·         Pada [Chain] pilih [srcnat].
·         Pada [Out Interface] pilih interface yang mengarah ke internet, yaitu [ether1].
·         Masuk ke ta [Action].
·         Pada [Action] pilih [masquerade].
·         Klik [Apply].
·         Tambahkan komentar jika perlu. Penuli menambahkan komentar [NAT Rule].
·         Klik [Ok] jika sudah selesai.

6. Memasukkan DNS
DNS digunakan sebagai penerjemah dari nama domain ke alamat IP, dan sebaliknya, yaitu dari alamat IP ke nama domain. Jadi apabila pengguna mengetikkan google.com di web browser, maka itu berarti pengguna memanggil alamat IP dari google.com yaitu 74.125.71.103. caranya adalah sebagai berikut:
·         Klik [IP].
·         Pilih [DNS], maka akan muncul jendela [DNS].
·         Klik [Settings].
·         Pada [Primary DNS] masukkan DNS utama. Misalnya saya masukkan DNS Speedy yaitu [203.130.196.155].
·         Pada [Secondary DNS] masukkan DNS alternatif. Misalnya [8.8.8.8] yaitu DNS yang dibuat oleh Google.
·         Berikan centang pada [Allow Remote Requests].
·         Klik [Ok] jika sudah selesai.http://kurniawanadam.files.wordpress.com/2011/05/setting-mikrotik-sebagai-gateway-5.jpg?w=300&h=169



7. Tes Konfigurasi
Setelah itu langkah terakhir dari seting di router adalah melakukan pengecekan apakah konfigurasi yang dilakukan sudah benar atau belum. Caranya adalah:
·         Klik [New Terminal].
·         Lakukan ping ke salah satu domain yang Anda inginkan. Misalnya [ping google.com]. jika sudah ada balasan, mkaa berarti router sudah berhasil terkoneksi ke internet.

http://kurniawanadam.files.wordpress.com/2011/05/setting-mikrotik-sebagai-gateway-6.jpg?w=300&h=217












8. Tes Konfigurasi di Klien
Selanjutnya adalah melakukan tes koneksi ke internet dari klien, namun sebelumnya IP Address dari klien harus diatur sesuai dengan konfigurasi yang telah dibuat. Berikut adalah konfigurasi klien sesuai dengan konfigurasi yang penulis buat dari Windows XP:
IPAddress : 192.168.1.1
Subnet mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.1.254
Preferred DNS : 203.130.196.155
Alternate : 8.8.8.8
Lakukan ping dari Command Prompt ke salah satu domain di internet, misalnya google.com dengan mengetikkan perintah [ping google.com]. jika ada reply itu berarti konfigurasi sudah berhasil. Jika belum coba lebih teliti lagi dalam melakukan konfiurasi.











BAB III PENUTUP
III.1. Kesimpulan

Mikrotik RouterOS adalah sebuah mesin linux yang dirancang secara khusus untuk keperluan networking. Mikrotik ini begitu menarik saat ini, karena dengan fiturnya yang begitu lengkap serta kemudahan dalam penggunaanya dan juga harganya relatif lebih murah.
Jika kita sudah memahami konsep jaringan dengan baik maka akan begitu mudah menerapkan di MikroTik dengan tool GUI-nya (winbox), sehingga kita tak perlu menghafalcommand untuk melakukan setting atau pengaturannya.
Untuk negara berkembang, solusi MikroTik sangat membantu ISP atau perusahaan-perusahaan kecil yang ingin bergabung dengan internet. Walaupun sudah banyak tersedia perangkatrouter mini semacam NAT. MikroTik merupakan solusi terbaik dalam beberapa kondisi penggunaan komputer dan perangkat lunak.
Mikrotik bisa disebut juga adalah salah satu distro linux yang berguna untuk jaringan komputer karena mikrotik sangat tangguh dalam masalah jaringan.

Kelebihan Mikrotik yaitu :
1. Tangguh dalam masalah jaringan.
2. Tools-tools-nya lebih banyak.
3. Sistem keamanan tingkat tinggi.
4. Tidak terlalu membutuhkan spesifikasi komputer yang besar.
Kekurangan Mikrotik yaitu :
1.      Kurang bagus untuk menangani jaringan yang bersekala besar
2.      Tidak mendukung interior gateway routing protokol ( IGRP )
3.      Enchanced interior gateway routing protokol ( EIGRP )
             www.afirul.freesider.net


­­­­­­­­

0 komentar:

Poskan Komentar